Home Edukasi & Pembelajaran Peran Orang Tua dalam Mengasuh Anak Agar Tumbuh dan Berkembang dengan Baik, Apa Saja?

Peran Orang Tua dalam Mengasuh Anak Agar Tumbuh dan Berkembang dengan Baik, Apa Saja?

by David

Berbagai cara dilakukan orang tua untuk menunjukkan rasa sayangnya kepada anak, misalnya dengan bersikap ramah, penuh kesabaran, memberikan perhatian hingga melontarkan pujian. Jika anda ingin menjadi orang tua yang baik, maka anda harus memahami pentingnya mengasuh anak dari kecil, karena ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak di masa mendatang.

Bagaimana Cara Menunjukkan Rasa Cinta Orang Tua Pada Anak?

Orang tua adalah orang yang mendampingi sekaligus membimbing anak dalam beberapa tahap pertumbuhannya, mulai dari melindungi, merawat, mendidik dan mengarahkan anak. Sedangkan, mengasuh, artinya sebagai orang tua anda harus mampu membimbing anak ke arah yang lebih baik.

Salah satu cara mengasuh anak adalah dengan menunjukkan cinta orang tua pada anak. Contoh, saat anak masih kecil, maka cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang orang tua yakni melalui sentuhan fisik, seperti menggendong dan memeluk anak. Lain halnya, ketika anak sudah menginjak usia balita, anda bisa menggandeng tangannya saat berjalan untuk memberikan mereka rasa aman saat bersama anda.

Selain itu, anda juga bisa bermain dan berdiskusi untuk menunjukkan rasa cinta dan kepedulian terhadap mereka. Seiring bertambahnya usia anak, anda bisa menunjukkan rasa sayang yang anda miliki dengan cara non fisik, seperti memperhatikan anak, mengingat dan merayakan momen penting dalam hidup mereka.

Peran Orang Tua dalam Mengasuh Anak

Berikut peran orang tua dalam pentingnya mengasuh anak dari kecil yang harus anda ketahui, agar anak anda tumbuh menjadi pribadi yang baik dan tidak tertinggal dengan teman sebayanya:

  1. Menjadi panutan yang baik untuk tumbuh kembang anak

Setiap orang tua adalah role model untuk anaknya. Jadi, cobalah untuk menjadi orang tua yang aktif, kreatif, dan berusaha memusatkan perhatian anak ke hal-hal yang mereka minati, serta bantulah anak anda untuk menemukan minatnya, kemudian dorong mereka untuk mengembangkannya.

  1. Memberikan stimulasi untuk membantu perkembangan sosial dan emosional anak
Read:   Pentingnya Mengasuh Anak dari Kecil dan Tipsnya

Tahukah anda bahwa ada hubungan antara perkembangan sosial dan emosional anak, yang mana ini akan berpengaruh pada keberhasilan akademisnya. Kemampuan sosial dan emosional pada anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya genetik dan temperamen.

  1. Melatih komunikasi anak

Komunikasi merupakan bagian dari cara mengasuh anak yang bertujuan untuk menghindarkan segala bentuk kesalahpahaman antara orang tua dan anak. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjalin hubungan baik dengan anak, agar anda bisa memahami apa yang ingin disampaikan oleh mereka.

  1. Menjaga ketenangan dan kedamaian di rumah

Sebelum memasuki masa sekolah, anak akan menghabiskan waktunya di rumah. Peran lain orang tua dalam konteks pendidikan anaknya selama di rumah adalah menjaga ketenangan dan perdamaian di dalam rumah. Jika suasana rumah terlalu ramai, atau bahkan dipenuhi suara pertengkaran, sudah bisa dipastikan anak tidak akan bisa fokus belajar.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari berteriak atau bertengkar di depan anak. Supaya mental dan ketenangan emosional anak-anak tetap terjaga dan mereka bisa belajar maksimal di sekolah.

  1. Mendukung pendidikan anak

Pentingnya mengasuh anak dari kecil, sebagai orang tua, anda tidak hanya memastikan tumbuh kembang anak berjalan optimal, melainkan juga mendukung pendidikan anak, terutama saat awal-awal mereka masuk sekolah, yakni dari TK sampai SD.

Perlu anda ingat, bahwa siswa yang memiliki orang tua yang aktif mempunyai kemungkinan dua kali lebih berhasil dibidang akademis. Sehingga, anda harus membuat anak sadar bahwa belajar merupakan hal yang penting dan harus dilakukan dengan sepenuh hati.

  1. Memantau aktivitas anak selama di sekolah

Selain memantau anak ketika dirumah, memantau aktivitas dan perilaku anak selama di sekolah juga penting. Sebab, perilaku anak-anak mempunyai keterkaitan yang cukup tinggi terhadap performanya di sekolah.

Read:   Bingung Mengatasi Anak Saat Tantrum? Begini Cara Mengatasinya!

Oleh karenanya, coba tegur anak dengan hati-hati, beritahu mereka mana perilaku yang baik dan yang buruk. Disamping itu, bimbing anak-anak untuk menghormati gurunya, menyisakan waktu untuk belajar dan mengatur rutinitas hariannya.

  1. Membantu anak mengerjakan PR

Tidak jarang anak akan bertanya kepada orang tua ketika mereka merasa kesulitan saat mengerjakan soal. Kesempatan ini bisa anda gunakan untuk menjadi lebih dekat sekaligus membimbing anak untuk mengerjakan tugas sekolahnya. Selain itu, disela-sela mengerjakan PR anda bisa bertanya kepada anak-anak perihal hari-harinya selama di sekolah.

Tips Mendidik Anak yang Baik

Setelah anda mengetahui peran orang tua dalam tumbuh kembang anak dan pentingnya mengasuh anak dari kecil, maka langkah selanjutnya adalah tips-tips dalam mendidik anda dengan baik. Nah, di bawah ini beberapa tips yang bisa anda lakukan:

  1. Membiasakan anak bersikap jujur

Kejujuran adalah nilai mendasar dalam kehidupan yang harus anak pegang sejak kecil, dan membiasakan anak untuk bersikap jujur memang tidak sulit, tapi bukan berarti mudah.

Mulailah untuk melatih anak, agar bersikap jujur dalam perkataan, perbuatan dan perilaku mereka. Buatlah anak anda mau mengakui kebenaran, dan jelaskan kepada mereka konsekuensi apa yang akan didapatkan ketika mengatakan kebohongan.

  1. Menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak

Anak-anak memang tidak memiliki tanggung jawab yang besar, namun semua itu akan berubah ketika mereka berusia dewasa. Jadi, sebelum terlambat didik anak untuk memiliki sikap tanggung jawab, contoh sederhananya, ajak anak untuk terlibat dalam pengambilan keputusan misal memilih kegiatan selama libur akhir pekan, biasakan anak untuk merapikan tempat tidurnya sendiri, mencuci piringnya sendiri setelah makan, dan lain sebagainya.

  1. Menumbuhkan sikap menghargai orang lain
Read:   Jenis – Jenis Materi Parenting Anak Yang Wajib Untuk Diketahui

Cara mengasuh anak yang lain adalah menumbuhkan sikap menghargai orang lain. Ada baiknya sebelum anak-anak berinteraksi dengan berbagai macam orang di lingkungan sekitarnya, mereka harus diajarkan bagaimana cara menghargai orang lain dan tidak bersikap egois. Beri tahu anak-anak untuk tidak selalu memaksakan kehendaknya, mengapa? karena mereka perlu melihat kebutuhan dan kondisi orang-orang di sekitarnya.

Bagaimana cara mudah untuk menumbuhkan sikap menghargai pada anak? Biasakan mereka untuk memberikan salam, menghormati orang yang lebih tua, berbicara dengan sopan, dan menawarkan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

  1. Bekali anak dengan kemampuan yang dibutuhkan dalam kesehariannya

Penting untuk membekali anak dengan kemampuan yang sekiranya akan diperlukan dalam kehidupan hariannya. Di samping untuk mengali potensi anak juga untuk melatih kemampuan yang dimiliki anak.

  1. Hindari memuji anak terlalu sering dan berlebihan

Di situasi tertentu, memuji memang diperlukan. Namun, terlalu sering dan berlebihan dalam memberikan pujian justru akan berdampak buruk pada anak. Anak-anak akan cenderung merasa cepat puas dan malah besar kepala.

Selain itu, mereka hanya akan peduli terhadap hasilnya dan menunggu pujian atas pencapaian yang berhasil mereka raih.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya mengasuh anak dari kecil yang bisa anda jadikan referensi dalam mendidik anak. Agar anak anda tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Related Articles

Leave a Comment